Selasa, 15 Mei 2012

Jatuhnya Pesawat Terbang Rusia Shukoi


Pada hari Rabu 5 Mei 2012 pukul 14:33, sebuah pesawat udara milik perusahaan penerbang Rusia yang bernama Shukoi, jatuh menabrak salah satu dinding Gunung Salak di daerah Bogor Jawa Barat. Seluruh penumpangnya yang berjumlah 48 tewas dalam keadaan yang sangat mengenaskan.

Berita ini sangat mengejutkan, dan menjadi bahan berita yang terus-menerus disiarkan oleh beberapa media massa baik TV, Koran, berita lewat Internet  maupun dibeberapa Siaran Berita Radio. Dan berita duka ini berlangsung beberapa hari.

Berita tentang musibah ini melibatkan dua kepala negara harus saling menyampaikan turut merasakan kesedihan dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Ucapan itu selain di sampaikan secara diplomatis kepada antar dua negara, juga ditujukan kepada setiap keluarga penumpang pesawat itu, yang menjadi korban.

Aku lihat di layar TV beberapa keluarga korban saling berpelukan dalam tangisan sedih. Pada hari pertama jatuhnya pesawat itu, mereka belum mengetahui dengan jelas, kepastian keselamatan keluarganya yang ikut dalam pesawat itu. Stasiun TV yang banyak menyiarkan berita-berita, semakin antusias menyiarkan kesedihan keluarga yang kehilangan salah satu keluarga yang ikut dalam pesawat itu.

Kalau melihat sejarah dari Gunung salak yang berhubungan dengan penerbangan. Kecelakaan terakhir ini sudah merupakan kecelakaan pesawat terbang yang ke 6, yang pernah terjadi di kawasan lereng Gunung Salak Jawa barat. Dan tentu kecelakaan pesawat ini menambah santer komentar masyarakat mengenai gunung misterius ini.

Memang secara logika tidak ada hubungan antara keadaan gunung dengan penerbangan pesawat. Banyak gunung lain yang malah jauh lebih tinggi dari gunung Salak ini. Tapi gunung ini menambah daftar beberapa gunung anker yang ada di jagad ini, dan khususnya di bumi Indonesia.

Kejadian ini mengundang banyak Paranormal untuk memberikan komentarnya, yang pasti tidak jauh dari bidang yang di kuasainya. Dan hampir semua menyatakan memang ada hubungan dengan keadaan gunung yang misterius ini. Dan tentunya, jika ada pesawat yang ingin selamat ketika melintasi gunung ini, maka harus minta ijin dulu dengan pemilik otoritas gunung Salak, melalui Paranormal itu.

Selain mengenai tempat kejadian dimana pesawat itu jatuh, komentar seputar jatuhnya pesawat itu sendiri sangat bermacam-macam. Sayangnya hampir semua komentar dari orang-orang yang bukan ahli pun di tayangkan dalam siaran berita di TV. Sehingga semakin membingungkan masyarakat, apalagi banyak masyarakat kita yang masih awam.

Salah satunya adalah komentar mengenai kejadian sebelum pesawat itu berangkat, yang berakibat jatuhnya pesawat itu. Ada yang mengatakan bahwa Pilot beserta Crew, dan juga beberapa penumpang mengadakan pesta minum minuman keras. Yang lalu dengan enaknya mengatakan bahwa, mungkin pilot sedang dalam keadaan mabuk. Maka itulah penyebab jatuhnya pesawat Shukoi dari Rusia itu.

Ada juga yang mengatakan bahwa pesawat itu jatuh karena Human Error. Ada juga yang mengatakan karena cuaca langit yang sangat tidak mendukung, khususnya di langit daerah Gunung Salak. Dan beberapa komentar dan spekulasi mengenai jatuhnya pesawat naas itu.

Komentar dan spekulasi tidak bertanggung jawab, dari pihak selain pernyataan resmi Pemerintah, mengenai jatuhnya pesawat itu sengaja dilontarkan, agar komentarnya bisa sampai menjadi opini masyarakat. Mereka yang sengaja mengeluarkan komentar itu berharap komentarnya akan menjadi kenyataan. Maka tentu media massa akan selalu meminta komentarnya untuk kejadian-kejadian lain. Spekulasi ini akan meningkatkan Rattingnya dalam masyarakat.

Komentar dan spekulasi yang paling unik adalah mengenai keterlibatannya pihak Intel Amerika. Ada yang mengatakan pihak USA khawatir demo penerbangan pesawat Shukoi itu berhasil dengan gemilang. Dan membuat para pengusaha dibidang penerbangan pesawat, akan segera melirik kepada produksi pesawat terbang buatan perusahaan Rusia.

Karena produk pesawat terbang buatan Rusia itu selain mempunyai tingkat kecanggihan yang lebih unggul dibanding buatan Amerika. Harganyapun jauh lebih murah, serta pengoperasiannya juga lebih mudah. Dan cara pembelian tidak serumit dari negara Amerika.

Selama ini beberapa negara berkembang selalu membeli pesawat terbang dari negara Amerika, Inggris atau Perancis. Dan perusahaan-perusahaan penghasil pesawat terbang itu tidak ingin pasar mereka direbut oleh perusahaan pesawat terbang negara lainnya. Apalagi dengan pesawat yang lebih bagus, lebih canggih dan lebih murah.

Inilah yang tidak diinginkan oleh negara Amerika, maka dengan segala cara, dan dengan cara yang sangat teliti untuk menghindari kecurigaan. Mereka berusaha menggagalkan pembelian pesawat itu dari negara-negara yang pangsa pasar pesawat terbang sangat bagus.

Komentar-komentar semacam ini memang selalu muncul pada saat ada kejadian luar biasa. Apalagi kejadian jatuhnya pesawat ini melibatkan beberapa negara besar, yang akan mengundang banyak komentar-komentar yang tidak bertanggung jawab, dan tanpa penilitian lebih lanjut.

Kalau menurut berita dan penjelasan resmi dari pemerintah Indonesia. Secara pasti belum ada penjelasan resmi. Tapi penjelasan mengenai kemungkinan-kemungkinan sudah ada, hanya saja berkisar mengenai adanya gangguan cuaca. Bukan yang lainnya. Pemerintah tidak mau berspekulasi macam-macam dengan kejadian itu. Dan selalu menekankan bahwa kepastian penyebab terjadinya kecelakaan itu, akan menunggu sampai ditemukannya Kotak Hitam.

Dari Kotak Hitam itulah nanti akan bisa dijelaskan apa sebenarnya yang pasti penyebab terjadinya kevelakaan pesawat Shukoi itu. Karena Kotak Hitam itu merekam semua percakapan antara Pilot pesawat Shukoi itu dengan Menara Pengawas Penerbangan di Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta.

Memang sementara ini informasi yang sudah tersebar di masyarakat adalah, adanya percakapan antara Pilot dan Menara Pengawas Penerbangan. Percakapan yang paling penting adalah adanya permintaan ijin dari Pilot pesawat Shukoi untuk menurunkan ketinggian pesawat itu dari 10.000 kaki menjadi 6000 kaki. Sedang ketinggian Gunung Salak sekitar 7000 kaki. Dan Pilot pesawat Shukoi dari Rusia yang bernama Aleksandr Yablontsev belum menguasai betul medan di daerah Jawa Barat itu.

Dan memang ada beberapa kejanggalan-kejanggalan dalam uji coba penerbangan pesawat komersial Shukoi itu. Dan kejanggalan-kejanggalan itu merangsang semua orang untuk turut urun dalam memberikan komentar.

Kejadian kecelakaan pesawat Shukoi ini, yang melibatkan banyak negara lain, karena ada beberapa penumpangnya merupakan warga negara asing. Maka tentu dalam mengevakuasi penumpang korban kecelakaan pesawat terbang itu, menjadikan Team SAR mendapat sorotan penilaian baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Walaupun tidak menyangkal sulitnya medan tempat jatuhnya pesawat Shukoi itu. Tapi Team SAR tetap harus bisa secepatnya mencapai tempat titik lokasi jatuhnya pesawat Shukoi itu. Karena menjaga kemungkinan adanya penumpang yang masih selamat, dan segera mendapat pertolongan medis.

Nah disinilah akan di uji kemampuan Team SAR Indonesia dalam menangani segala macam jenis musibah dan kecelakaan. Apalagi melibatkan negara lain yang sudah maju dalam menangani segala bentuk musibah.

Mudah-mudahan ini menjadi pengalaman yang paling berharga bagi segenap jajaran Kementrian Perhubungan. Khususnya di bagian transportasi penerbangan, karena sudah sangat sering sekali pesawat terbang yang melayani penumpang lokal negara Indonesia ini jatuh dan memakan banyak korban. Dan mudaha-mudahan ini menjadi pesawat yang terakhir yang jatuh di negara Indonesia tercinta ini.

Semoga arwah seluruh penumpang pesawat penerbangan Shukoi, mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Amin.

8 komentar:

  1. saya turut berduka cita atas jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100. Semoga saja para korban diterima disisiNya dan para anggota keluarga ikhlas menerima kepergian para korban.

    Salam kenal, terima kasih | Tetap Semangat!
    Hedi Sasrawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mas Hedi.
      Saya sudah mengunjungi blog anda. Luar biasa, sekali berkunjung saya sudah kerasan. Beruntung sekali saya diajak kenalan dengan anda. Saya masih newbi,perlu banyak belajar.
      Terima kasih.

      Hapus
  2. i want to see Aircraft where the picture

    BalasHapus
  3. i don't know what i just read :D

    BalasHapus
  4. thanks for spamming on my blog!

    BalasHapus
  5. thanks so much for visiting and commenting, much appreciated!!

    have a good weekend.

    BalasHapus
  6. Chegando para conhecer seu blog.
    Ja seguindo aqui,
    o espero la no meu espaço de poesia.
    Bjs do Brasi.

    BalasHapus