Minggu, 04 Maret 2012

Sekolah - SMA


Anakku sedang menjalani pelajaran di akhir-akhir semester. Tak lama lagi ujian akhir akan segera tiba. Sibuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas bersama teman-temannya.

Kesibukannya mengingatkan aku ketika masih SMA, di akhir semester juga.
Bagaimana waktu itu aku juga sangat sibuk belajar, belajar sendiri atau belajar berkelompok. Kursus-kursus pun tak aku lewatkan. Rasanya tinggal di sekolah lebih lama dari pada tinggal dirumah.

Aku merasa punya dua rumah yang satu adalah sekolahanku. Kecintaanku kepada kedua bangunan itu sama. Bedanya hanya yang satu punyaku, sedang yang lain punya orang banyak.

Aku begitu akrab kepada semua guru, karyawan dan bahkan tukang kebun sekolah. Aku mencintai mereka dan mereka rasanya juga mencintai aku.

Ketika aku meninggalkan sekolah, aku tidak mendapatkan gantinya. Aku berada ditempat yang berbeda, suasana kampus tidak sama dengan SMA.

Tapi para guru berada pada suasana yang tetap, hanya murid-murid berbeda wajah, tingkah laku dan karakternya tetap sama. Dan akan mengalami lagi kesedihan berpisah setiap tahun, karena lulus.

Kini anakku sekolah ditempat yang sama denganku, dan akan segera meninggalkan sekolah itu juga, sama seperti aku dulu.

Aku tak tahu apakah dia juga sebahagia aku dulu? Apakah dia dicintai semua anggota sekolah, dan dia juga mencintai semuanya.

Ditempat yang sama Kenangan seseorang, pasti akan berbeda dengan orang lain, walau antara anak dan bapak.

1 komentar:

  1. Anakku juga sekolah di SMP dan SMA yang sma dengan aku

    BalasHapus