Jumat, 10 Februari 2012

Jalan Raya yang bergelombang

Pagi ini aku ke kota Malang dengan mengendarai motorku, jaraknya sekitar dua puluh kilo meter yang biasanya aku tempuh tidak lebih dari empat puluh menit.Tapi rasanya seperti menempuh jarak 200 km.
Kenapa?
Kwalitas jalan lah  penyebabnya.Banyaknya bagian-bagian jalan yang  bergelombang, chususnya di sebelah pinggir jalan raya.Mungkin karena truk-truk yang bermuatan lebih dari tonage yang di ijinkan sehingga aspal tak mampu menahan berat truk tersebut.Berakibat aspal yang dilalui truk  menjadi meliuk-liuk dan bergelombang.
Apalagi kwalitas waktu pengerjaan pengaspalan.Seharusnya luas daerah yang diaspal itu memerlukan sekian drum aspalnya,tetapi yang dipakai mungkin cuma separohnya, maka bisa dibayangkan seberapa kekuatan jalan aspal tersebut, walaupun sudah menggunakan sistem “ Hotmix “.
Akibat itu semua mengendarai kendaraan jadi tidak nyaman.Dalam  berkendaraan di jalan yang bergelombang menjadikan badan terasa cepat lelah, pandangan mata menjadi terganggu.Jarak dekat serasa menempuh jarak yang sangat jauh karena lelah dan membosankan.Apalagi mengendarai motor yang sudah cukup umur atau Monula (Motor Lanjut Usia).
Keadaan ini jadi semakin parah dengan datangnya musim hujan.Jalan yang bergelombang menjadikan adanya genangan air yang bisa menyebabkan aspal gampang rusak dan semakin dalam lubangnya.Wajah aspal jalan raya kita menjadi semakin jelek.
Dinas PU yang sangat lamban dalam merespon keadaan jalan.Perbaikan / penambalan jalan berlubang baru di kerjakan kalau sudah memang benar-benar dalam sekali lubangnya dan bahkan sudah memakan banyak korban kendaraan bermotor yang jatuh akibat lubang itu.
Jadi daripada kita mengharap atau mengandalakan Dinas PU dalam perbaikan jalan, maka akan lebih baik jika kita sajalah yang berhati-hati di jalan.

2 komentar:

  1. Iya bener nih.Di tempat saya juga begitu jalan raya rusak banyak lobang2,apalagi jalan kampung ancur berat.

    BalasHapus
  2. jalan di SULUT juga demikian. baik jln KABUPATEN/PROPINSI MAUPUN NASIONAL

    BalasHapus